Mencoba Memahami Islam (di) NUsantara




#PART 1
Syekh Siti Jenar?

#PART 2
  • QS Ali 'Imran 31-32. Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku (Muhammad), niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." Katakanlah: "Ta'atilah Allah dan Rasul-Nya (Muhammad); jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir."
Urutan...

Quran (baca Surat di atas!) mengisyaratkan bahwa kita harus mengikuti dan menta'ati Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai bentuk keta'atan kita kepada Allah ta'ala. Tidak ada cara dan jalan lain untuk mengikuti Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam kecuali dengan berusaha untuk mengikuti dan meneladani seluruh sunnah-sunnahnya termasuk di dalamnya mengikuti tata-cara shalat Beliau s.a.w. Dimana Rasulullah s.a.w. bersabda: "Shalatlah sebagaimana engkau melihatku shalat!" dan detailnya tersebar dalam beberapa hadits.

Tugas para ulama setelahnya, para pewaris Nabi, hanyalah mengumpulkan & merangkum hadits-hadits yang telah ada dan tentunya yang shahih kemudian memberikan nama & istilah seperti Ilmu Tajwid, Ilmu Tauhid yang 3, Rukun Shalat, Syarat Syah Haji dst untuk mempermudah dalam belajar & mengajarkan agama ini sehingga ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai ke kita di zaman sekarang.

So... tajwid bukanlah hal baru yang diada-adakan dalam agama (bid'ah) karena pada zaman nabi pengucapan "man amana" dst sudah ada namun belum ada istilah & penamaan tajwid.

#PART 3
Tentang Wala & Barra.

#PART 4
ISIS?
Mengapa Peperangan Selalu Terjadi di Atas Muka Bumi?

Teladan umat Islam, termasuk dalam berakhlaq, adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bukan yang lain!
  • Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.” (QS Al-Qalam: 4)
  • Orang yang paling sempurna keimanannya adalah orang yang paling baik akhlaknya. Dan orang yang paling baik (akhlaknya) di antara kalian adalah orang yang paling baik kepada istrinya, dan aku adalah orang yang paling baik kepada istriku" (HR Tirmidzi, shahih)
  • Sesungguhnya aku (Muhammad) diutus untuk menyempurnakan akhlaq yang baik.” (HR Ahmad, shahih)

#PART 5
Hukum Memelihara Jenggot
Nabi Berjenggot & Menyuruh untuk Memelihara Jenggot
Kaum Liberal Hilangkan Jenggot Foto KH Hasyim Asy’ari

#PART 6 & 7
  • QS Al Ahzab 56. Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya!
Anjuran Bershalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam
Bagaimana Cara Shalawat yang Sesuai Sunnah, dan Bolehkah Shalawat Diiringi dengan Rebana?
Anjuran Bershalawat kepada Nabi & Larangan Ghuluw dan Berlebih-lebihan dalam Memuji Nabi


Sebahagian dari kita sudah berada dalam "Lubang Biyawak"?
  • Orang kristen beribadah dengann nyayian, kidung & puji-pujian... sebahagian dari kita ikut-ikutan melantunkan puji-pujian termasuk solawatan dengan nyanyian (dan sebagian lagi memakai alat-alat musik).
  • Orang kristen merayakan hari kelahiran Yesus (natalan)... sebahagian dari kita nggak mau ketinggalan dengan meRAYAkan -ulang tahun- kelahiran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan istilah mauludan /muludan.
  • Orang kristen merayakan hari kenaikan Yesus (Isa Almasih)... sebahagian dari kita juga katanya punya peristiwa yang serupa yaitu isra mi'raj yang bisa diRAYAkan.
  • Orang kristen merayakan hari wafanya Yesus, tapi... untuk yang satu ini mengapa kita nggak ikut-ikutan? Jawabannya: Ternyata untuk perayaan yang satu ini sebagian dari kita jauh lebih unggul dibanding dengan kaum kristen dalam memperingati wafat atau kematian seseorang.
  • Belum lagi ibadah & perayaan-perayaan yang mengikuti kaum Syiah & Yahudi...
Semoga Allah ta'ala mengampuni dosa2 kita semua dan selalu memberikan taufik dan hidayah-nya kepada kita semua. Amiin!


Sekarang Zaman Keemasan Indonesia?

  • Salah satu ParPol TERBESAR di Indonesia dengan lambang Banteng Marah Bertanduk berhasil "memenangkan" Pemilu 2014 & mengangkat Presiden baru yang LUAR BIASA!
  • Salah satu Organisasi Keagamaan TERBESAR di Nusantara ini pada tahun 2015 berhasil melahirkan pemimpin baru yang LUAR BIASA dengan Islam Nusantaranya!
  • Indonesia adalah negara BESAR yang sangat-sangat baik hati yang saking baik hatinya kita memberikan "seluruh" harta kekayaan kita (diantaranya Freeport) kepada asing & aseng... berkah... berkah! Hal ini pun LUAR BIASA!
  • Apalagi ya... yang mau nambahin silahkan! (Buat bahan renungan!) ...Astaghfirullah ...Astaghfirullah ...Astaghfirullah!



Sedikit tentang Syiah?
Syiah dan Liberal Mau Memangsa NU?
Universitas Islam Negeri UIN (d/h IAIN) is Under Attack! 



DM, Bupati Purwakarta yang Dianggap Menodai Islam

Bupati Purwakarta ini dilaporkan dengan nomor laporan polisi LPB/983/XI/2015/Jabar tanggal 30 November 2015 karena dianggap telah melanggar Pasal 156 KUHP

Sunda Wiwitan identik dengan Hindu!
Hidayatullah.com–Bupati Purwakarta DM dilaporkan sejumlah ulama Purwakarta ke Polda Jawa Barat karena dinilai telah melakukan suatu tindakan penistaan terhadap agama.

Dedi dilaporkan dengan nomor laporan polisi LPB/983/XI/2015/Jabar tanggal 30 November 2015. Bupati Purwakarta ini diadukan karena dianggap telah melanggar Pasal 156 KUHP mengenai kebencian atau merendahkan suatu golongan rakyat Indonesia. [Baca: Dinilai Mensitakan Agama, DM Dilaporkan Ulama Purwakarta Ke Polda Jawa Barat]

Inilah beberapa poin dugaan penodaan agama Bupati Purwakarta DM menurut ulama.

Di dalam Buku ‘Kang Dedi Menyapa’ jilid 2:
  • Halaman 192: Ketika bicara Pancasila maka kita bicara ketuhanan yang Maha Esa, keragaman bertuhan.
  • Halaman 203: Nah inilah prinsip yang di luar alam pendidikan. Allah memahami Rasullah sebagai kekasihnya tetapi perlakukan Alah terhadap Rasullah justru mendidiknya dan membiarkan Rasullah sengsara.
Penodaan agama dalam video:
  • Video Safari Ramadhan 2015 part 1, di menit 06.15-06.32. DM mengatakan “pemahaman kita dalam agama selama ini selalu memahami Alah itu dalam aspek yang formal, shalatnya formal, puasanya formal, semuanya hubungan dengan Allah menjadi formal. Padahal hubungan dengan Allah itu hubungan percumbuan.”
  • Video Orasi Ilmiah KAHMI DM -Pelantikan HMI Cabang, di menit 19.00-19.12. Dedi mengatakan “Islam itu bagi saya, saya Sunda, saya dengan menjadi Sunda yang sebenarnya maka saya menjadi Islam yang sebenarnya, begitulah menurut saya.”
  • Masih di Video Orasi Ilmiah KAHMI DM -Pelantikan HMI Cabang, di menit 19.15-19.33. Dedi mengatakan “dan kita punya karakter itu dan itu bisa dibuktikan di dalam sejarah ketika Islam masuk, semuanya menjadi bersenyawa karena orang Indonesia, orang Nusantara sebelum Islam dari sisi kelembagaan datang sudah Islam dari sisi substantif sejak lama dan jauh lebih Islam dari orang Arab yang sebelumnya. Di sini saya tegaskan urang Sunda boga hak asup surga pangheulana.”(Orang Sunda punya hak masuk Surga paling awal)
  • Video Dangiang, di menit 04.50-05.00. Dedi mengatakan “supaya urang Indonesia teu cape mangkat ka Mekkah, mun kuring jadi Presiden Rek diinjem eta Kabah dipindahkeun ka Purwakarta.”(supaya orang Indonesia tidak cape berangkat ke Mekah, kalau saya jadi presiden akan pinjam itu Kabah untuk dipindahkan ke Purwakarta)
  • Video Orasi Ilmiah Koordinator Presidium KAHMI Jawa Barat, 19 Desember 2014. Dedi mengatakan “ketika sampah mulai bersatu dengan dirinya, maka di situ sampah menjadi harum. Kenapa? Karena Allah hadir pada sampah-sampah itu.”
  • Video Ceramah Sunda Kang DM, di menit 02.41-02.52. Dedi mengatakan “Kanjeng Rasulullah SAW ngajarkeun ka-Islam di tanah Mekkah, ngajarkeun naon eta teh? Ngajarkeun saripati ajaran Sunda nu dibawa ka tanah Mekkah. Pek tulis!” (Baginda Rasulullah SAW mengajarkan Islam di Mekah, mengajarkan apa? Mengajarkan intisari ajaran Sunda yang dibawa ke Mekah. Tulis..!)

BS: “Semoga Saya Masuk Neraka...”

Kalau orang lain berdoa minta surga, ia malah minta neraka. Nah, siapa pula mau belajar “agama” ala BS?

SIAPA BS barangkali sudah banyak yang kenal. Ia pengusaha sukses yang suka berpenampilan nyentrik. Di mana pun dan kapanpun pakaian “kebesarannya” adalah celana pendek di atas lutut. Yang belum banyak diketahui dari tokoh yang akrab dipanggil Om Bob ini adalah kehidupan spiritualnya.

Nah, dalam biografinya “Belajar Goblok dari Bob Sadino” yang diluncurkan tahun lalu, sedikit terkuak kehidupan spiritual pemilik supermarket Kim Chicks ini. Lahir di Tanjung Karang, 9 Maret l933, Lampung, BS ternyata seorang Muslim sejak lahir. Tapi ia mengaku, tak mengerti agama dan belum bisa menjalankan kewajiban sebagai seorang Muslim.

Malah, saat ditanya doa apa yang ia panjatkan setiap hari, jawabannya sungguh mengagetkan. “Kalau orang lain berdoa meminta masuk surga, maka saya setiap hari berdoa kepada Tuhan semoga saya masuk neraka!” Entah itu guyonan atau memang ayah dua putri ini benar-benar tak paham agama.

Tapi yang jelas, ia mengaku sudah terlalu banyak berlumur dosa, sehingga malu minta surga kepada Allah. Jawaban pemilik pabrik sosis dan ham, Kim Food, yang kerap diundang dalam berbagai seminar bisnis ini mengingatkan kepada sebuah lagu ciptaan kelompok Band Ungu ‘Aku manusia yang takut neraka, tapi aku juga tak pantas masuk surga.’

Hanya, bukan BS bila tidak bisa membalik pertanyaan. “Daripada Anda yang sudah tahu berlumuran dosa, tapi tetap ngotot mau masuk surga,” sambung Bob, “apakah Anda tidak malu sama Tuhan? Terus berbuat dosa dan maksiat, tapi tetap minta masuk surga. Mending saya dong.”

Menurut anak seorang guru ini, “Lebih baik Anda memperbaiki hidup Anda, jangan lagi berbuat terlalu banyak dosa dan perbanyak berbuat baik pada orang lain. Tanpa minta masuk surga pun, Tuhan pasti akan menempatkan Anda ke sana…” Nah, bagaimana? * Bas/hidayatullah.com



Seorang muslim adalah saudara muslim yang lain, ia tidak boleh menzhaliminya, tidak boleh membiarkannya (dalam keburukan). (HR Bukhari)


No comments:

Post a Comment

[tuning]


“Ruh-ruh manusia diciptakan laksana prajurit berbaris, maka mana yang saling kenal di antara satu sama lain akan bersatu. Dan mana yang saling mengingkari di antara satu sama lain akan berpisah.”
(HR Muslim 4773)


Wallahu'alamu...
...astaghfirullah ..astaghfirullah ..astaghfirullah!

“Dan katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Rabb-mu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barang siapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir".” (QS Al-Kahfi 29)
Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh di jalan Kami, niscaya Kami akan menunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami.” (QS Al-’Ankabut 69)